Rabu, 09 Januari 2013

HIPNOSIS ibarat PISAU



Pisau bisa tajam bisa tumpul, pisau tumpul  tidak banyak fungsinya, pisau tajam banyak fungsinya. Pisau hakekatnya adalah alat bantu, demikian juga Hipnosis ! Hipnosis juga merupakan ilmu bantu, seperti ilmu matematika . Matematika adalah ilmu bantu  bantu, kalau tidak ada yang dihitung dan dibangun maka matematika tidak tampak gunanya. Demikian juga hipnosis ! Itulahs ebabnya Hipnosis dari sejak abad 17 sampai sekarang tidak kunjung jadi ilmu baku, tetapi juga tidak mandeg sebagai ilmu gaib. Tiga abad lebih, Hipnosis selalu berdiri di tebing kontroversi, ditolak tidak, tetapi juga tidak diakui sepenuh hati. Mengapa demikian ? Karena hipnosis adalah ilmu bantu, yang sebetulnya tidak bisa berdiri sendiri, tetapi jadi “mbeling” karena mudah dipelajari (5 menit Anda jadi bisa menghipnosis orang lain!) sehingga praktisinya sangat beragam, dari yang sangat hati-hati bin tekun, sampai yang sangat sembrono dan overclaimed, lebih membual daripada kenyataan sebenarnya.
Hipnosis selalu berkolaborasi dengan aplikasi lain,  untuk di pertunjukan ia harus dilengkapi dengan kemampuan menggali situasi  lucu yang menghibur, harus digabung dengan sandiwara, drama, komedi  dan sulap supaya pertunjukannya mantab. Untuk kepolisian harus digabung dengan pengetahuan mendalam tentang penyidikan, interogasi  dan pengetahuan forensik, untuk olah raga harus digabung dengan pengetahuan yangmendalam tentang sikap mental, daya tahan dan psikologi olah-raga sedangkan untuk terapi harus digabung dengan pengetahuan mendalam tentang bidang terapi yang dipilih. Piawai menghipnosis orang  tanpa pengetahuan mendalam tentang terapi, ibarat orang bawa pisau, tetapi ketika mengupas mangga dengan pisau terbalik, bukan mata pisau yang dipakai mengupas, tetapi punggung pisau. Tidak efektif! Padahal punggung pisau juga bisa efektif kalau untuk membuat memar kunyit atau jahe, justru mata pisau tidak efektif untuk keperluan ini. Efektifitas selalu terjadi bila ada kolaborasi dengan pengetahuan lain. Makin komplit makin efektif.
Jadi selalu harus bertanya pada diri sendiri : Setelah Hipnosis lalu apa?
 Karena hipnosis adalah ilmu bantu, yakni ilmu bantu dibidang komunikasi, tetapi dengan fokus khusus : bawah sadar pikiran manusia. Hipnosis efektif untuk segala hal yang berhubungan dengan pikiran bawah sadar, padahal di dalam pikiran bawah sadar itulah tersimpan semua potensi positif maupun potensi negatif. Melalui workshop ini para peserta bisa mendapat tips dari pengalaman saya dan pengetahuan yang selama ini saya timba, plus berbagi dengan sesama peserta, sehingga pertanyaan :   Setelah Hipnosis lalu apa ?  Bisa lebih terjawab, terpahami dan lebih lagi bisa dikembangkan lebih lanjut. Misalnya melalui Study Club.
Setelah Hipnosis lalu apa?
Anda tidak bisa jadi chef hanya karena bisa  pegang “French’s Knife”  !
Hipnosis hanya bermanfaat bila dipakai untuk membantu keperluan lain. Workshop ini memilih keperluan lain itu adalah : Bidang Penyembuhan ! Dari Konseling, klinik sampai klenik !
  
Menjelang roadshow workshop ini, saya  menulis setiap hari pokok-pokok workshop ini, silahkan mengikuti, kalau tertarik silahkan call ke

-          FELIX  di 0817-750076 atau 021-71352387
-          Atau klik: http://www.purnawan.blogspot.com/

Untuk daftarmenjadi peserta workshop  sms ke 0816758656/ 083822612330 /021-71352387 atau via message di FB ini. Cantumkan no Telpon atau no HP dan kota yang Anda pilih supaya dapat kami hubungi kembali.

Tidak ada komentar: