Rabu, 02 Januari 2013

Mengenai Workshop Therapeutic Strategy in Hypnosis

Workshop ini hanya 1 hari. Apakah Cukup ? Tentu saja tidak, karena waktu sehari tidak mungkin menjadikan semua pengalaman saya bisa terbagikan kepada peserta. Memahami Therapeutic Strategy dalam Hipnosis tentu perlu waktu karena STRATEGY adalah sekumpulan cara yang dipersiapkan untuk menghadapi suatu masalah.
Strategi paling dibutuhkan ketika orang menghadapi masalah yang tidak jelas, misalnya pergi ketempat yang belum dikenalnya, seperti masuk hutan atau masuk gua yang gelap. Ketika orang masuk tempat yang tidak dikenalnya, ia tidak tahu apa yang dihadapi, maka ia harus mempersiapkan berbagai taktik untuk menghadapi tantangan yang MUNGKIN terjadi.Kumpulan taktik itu itulah yang disebut strategi. Jadi semua strategi harus dikuasai, walaupun belum tentu akan digunakan.
Menghadapi pasien/clien juga begitu. Ketika awal tatap muka atau awal komunikasi dengan pasien/clien kita belum tahu masalah mereka, lebih parah lagi karena bidang yang kita tekuni adalah bidang penyembuhan, maka merekapun juga tidak tahu masalah mereka sendiri. Kalau sudah tahu tentu tidak perlu minta bantuan kita.
Karena workshop ini pasti tidak cukup waktu (sebetulnya semua workshop & training, juga begitu), maka saya memilih untuk menjadikan workshop ini sebagai inspirasi yang nantinya dapat dikembangkan lebih lanjut. Saya juga punya banyak buku yang bisa digali atau kalau memungkinkan saya juga ingin membentuk study-grup di kota-kota lain agar bisa membimbing lebih lanjut, khususnya terhadap para terapis yang mengalami problem yang kebetulan sudah saya alami di masa lalu.
Jadi workshop ini lebih merupakan awal agar saya bisa lebih berkontribusi bagi para praktisi yang mengabdikan diri pada proses terapi melalui hipnosis.
Bagi saya proses melalui hipnosis tidak harus formal hipnosis, tetapi segala hal yang memberdayakan bawah sadar selalu bisa didekati melalui penjelasan dari proses hipnosis, mungkin ini disebabkan karena saya sudah sangat akrab dengan hipnosis sejak lama. Dengan demikian saya bisa ikut berkontribusi atas segala hal yang telah diajarkan oleh para pakar yang lain. Lebih menyenangkan lagi sekarang di Indonesia ada banyak ahli lain yang mengkhususkan diri menggali dan mengajarkan Hypnotherapy, NLP, Berbagai Mind Healing, Touch Healing, Yoga, Prana, Reiki dll. Saya mengambil bagian untuk memberi kontribusi melalui peningkatan kemampuan therapeutic yang akar prosesnya adalah hipnosis atau proses apapun sejenis hipnosis.
Para terapis harus selalu mengembangkan diri untuk meramu style terapinya dengan berbagai cabang terapi, tidak boleh fanatik dengan satu cara saja karena peran kita ditentukan oleh pasien/clien kita bukan atas kemauan kita sendiri. Mereka datang untuk minta bantuan, jangan kita justeru menambah persoalan baru bagi mereka.

Klik di http://www.facebook.com/TherapeuticStrategyinHypnosis untuk membaca artikel-artikel yang berhubungan dengan Strategi Terapi dalam Hipnosis.

Tidak ada komentar: